Kamis, 16 Februari 2012

Agate (Akik)

Jenis batu mulia yg satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat umum, kandungan dasar dari agate (akik) terdiri dari berbagai mikrokristalin silika, terutama kandungan kalsedon, ditandai dengan kehalusan dan kecerahan warnanya. Meskipun agate (akik) dapat ditemukan dalam berbagai jenis batu, namun kebanyakan agate (akik) didapatkan dari batuan vulkanik dan tidak menutup kemungkinan ada dalam batuan metamorf tertentu.
Agate (akik) sendiri dapat berbagai jenis dan macamnya, tergantung dari proses pembentukan alaminya. Sebuah batu akik yang ditemukan di Meksiko, menunjukkan nodul berbentuk seperti mata satu dan telah diberi nama sebagai Cyclops akik, jenis ini bisa juga dibedakan berdasarkan warnanya seperti hijau keemasan, warna merah, hitam atau lainnya tergantung kombinasi yg tertanam dalam kalsedon, serta menimbulkan dendritik atau lumut yang sering disebut sebagai batu akik lumut.
Selanjutnya ada Akik Yunani, adalah nama yang diberikan pada batu akik yang memiliki warna putih pucat, dan sering disebutkan sebagai Akik Yunani, dimana orang-orang yunani sering menggunakannya sebagai perhiasan atau manik-manik. Di Indonesia sendiri juga terdapat berbagai jenis akik, seperti akik madu, akik sulaeman, akik api. dsb. (sumber wikipedia)
Menurut kepercayaan setiap orang, batu akik merupakan batu yang dapat memberikan kecerdasan dan kecakapan dalam berbicara, namun pada intinya semua jenis batu tercipta dari alam, maka sebaiknya lebih menggunakan akal sehat dalam berpikir. bukan berarti semata-mata jika mengunakan batu mulia jenis apapun dapat meningkatkan kecerdasan pribadi. Batu jenis ini biasanya cocok dengan mereka yang terlahir antara 21 Juli dan 22 Agustus digunakan sebagai cincin atau perhiasan lain sesuai selera.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar